Sunday, September 30, 2012

Sejarah Munculnya Internet di Dunia


C.   Sejarah  Internet

Foto Sejarah Internet dan Jaringan ARPANET

          Pada  tahun enam puluhan ,Departemen pertahanan Amerika Serikat memebuat suatu jaringan computer melalui proyek ARPA(Advanced Research Project Agency) yang di sebut  ARPANET mereka mendemontrasikan bagai mana dengan hardware dan software computer berbasis UNIK,bias melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat di pindahkan, dan akhirnya semua setandar yang mereka
 Tetukan menjadi  cikal bakal untuk pengembang protokol  baru yang sekarang di kenal sebagai  TCP/ IP (Transmission Conrol Protocoll Internet Protocol).
        ARPANET dibentuk secara kusus oleh empat universitas besar di Amerika ,yaitu:Stanford  Research Insititue University of California at santa Barbara ,University of Californioa at los angeles ,dan university of Utah , dimana mereka  membentuk satu jaringan terpadu  di tahun 1969 , ddn secara umum ARPANET di perkenalkan pada bulan oktober 1972 .pada tahun 1981 jumlah computer yang tergabung dalam ARPANET hanya 213 komputer, kemudian di tahun 1986 bertambah menjadi 2.308 komputer, dan 1,5 juta computer pada tahun   1993. Pada awal tahun 80-an, seluruh jaringan

Yang tercakup   dalam proyek ARPANET diubah menjadi TCP/IP, karena proyeknya sendiri sudah dihentikan, dan jaringan ARPANET ina yang merupakan koneksi utama (backbone) dari internet. 
       Proyek percobaan tersebut akhirnya dilanjutkan dan dibiayai oleh NSF (National Science Foundation). NSP lalu mengubah nama jaringan ARPANET manjadi NSFNET dimana backbonenya memiliki kecepatan tinggi dan dihubungkan ke komputer-komputer yang ada di universitas dan lembaga penelitian yang tersebar daseluruh Amerika.Dan baru setelah itu pemerintah Amerika Serikat memberikan izin kea rah komersial pada awal tahun 1990.
        Jadi, pada awalnya internet dikenal sebagai suatu wadah bagi para penelitih untuk saling bertukar informasi yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan komersial sebage sarana bisnis mereka.

0 comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Berita Terkini dari Detik.COM

Sample Text

Buat kamu anak-anak PGRI Buayan yang suka berbagi artikel, foto, gambar, video, atau hasil kreasi apa saja boleh dikirim file-nya ke tikinternet@yahoo.com, asalkan identitasnya jelas (nama asli, kelas, Alamat), file akan aku upload segera di blog ini.... Thanks.

Designed by