Sunday, September 30, 2012

Layanan-layanan yang ada di Internet


C. Layanan di Internet

Berbagai Layanan Internet

Internet menyediakan banyak sekali layanan yang dapat da manfaakan oleh penggunaanya. Berikut ini adalah beberapa layanan internet yang saling di gunakan.

1. World Wide Web 
     World Wide Web atau Web merupakan bagian yang paling popular dari internet. Dari senilai berbagai informasi dapat kita akses seperti teks, gambar, suara, video,dan lain sebagainya. Untuk mengakses sebuah web kita memerlukan software yang di sebut browser.Brosur yang populer saat ini adalah Microsoft Internet Explorer,Mozila Firefox,opera Mini,Google Chrome,dan lain sebagainya

2. FTP (File Transfer Protocol)
Layanan ini digunakan untuk memindahkan file dari satu computer ke komputer lain diinternet dangan konsep client server.Dalam hal ini,sebagai pengguna computer client,kamu bias mengkopi file yang tersedia pada computer server diinternet menggunakan layanan FTP.

3. E-mail (electronic mail) 
E-mail adalah surat elektronik yang dapat dikirim dan diterima melalui internet.Dengan e-mail kita dapat mengirimkan dan menerima file yang berupa teks,gambar,dan sebagainya.Untuk mengirim e-mail kita dapat menggukan progam pengelola e-mail atau progam yang telah disediakan oleh jasa layanan e-mail,seperti google,yahoo,hotmail,dan lain-lain.

4. MILIST(Mailing List)
Mailing List merupakan sebuah alamat e-mail yang didalamnya berisi kumoulan alamat e-mail anggotanya.Dengan mengirim pesan kesebuah milist,pesan tersebut akan terkirim kesemua anggota milist dapat diproteksi sehingga anggota-anggotanya saja yang bisa mengirim pesan ke milist tersebut.


5.   Chatting
    Chatting adalah ngobrol di internet , baik melalui tulisan , suara , maupun video seperti berbicara bertatap muka . Dalam melakukan kegiatan chatting kita membutuhkan software , di  antaranya yang cukup populer adalah mIrc dan Yahoo  Messenger.

6.   Search Engine ( Mesin Pencari )
     Search engine merupakan aplikasi pencari data , informasi , gambar alamat website lain melalui  input kata kunci, dan fitur lainnya. Search engine yang paling populer  saat ini adalah Google.  

7.   Telnet
     Telnet adalah aplikasi internet yang di gunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh.  Telnet dapat kita gunakan apabila kita mempunyai alamat IP ( IP Address) dari komputer yang akan di akses  dan kita juga harus mempunyai hak ases ( user ID dan password) .
Dengan menggunakan telnet (  Telecommunications Network) kamu bisa melakukan remote atau akses komputer lain yang terhubung ke jaringan dan mencari atau mengambil informasi yang ada di komputer trsebut ( termasuk sumber daya  hard disk dan program – program yang ter- install di dalamnya).
     Aplikasi Telnet umumnya digunakan oleh teknisi di internet .  Dengan memanfaatkan  Telnet, seorang administrator sistem dapat terus memegang kendali atas sistem yang ia operasikan tanpa harus mengakses sistem secara fisik , bahkan tanpa terkendala oleh batas geografis.

8.    Gopher
    Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun infor masi yang di cari hanya terbatas pada teks saja. Untuk mendapat informasi melalui gopher, kita harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di internet. 
Gopher merupakan layanan internet untuk mengakses informasi  di  komputer lain , mirip dengan web ( www) . Beda goper dengan web adalah pengoprasian gopher berbasis teks di (CLI) sedangkan web berbasis grafis ( GUI) . Goper mulai di per kenalkan sejak awal internet  dikembangkan. Dalam perkembangannya,  goper mulai banyak di tinggalkan para pemakai internet saat ini. Mereka beralih  ke www yang lebih fleksibel menangani file gratis  dan multimedia.  

9.   Newsgroup
   Newsgroup bisa disebut ruang percakapan bagi para anggota yang mempunyai kepentingan sama.Di internet tersedia bermacam-macam newsgroup dengan tema-tema yang berbeda-beda .Untuk dapat menikmati fasilitas ini,kita harus terkoneksi ke ISP yang menyediakan fasilitas newsgroup , karena tidak semua ISP menyediakannya.
Newsgroup dapat dianggap seperti sebuah bulletin board,di mana setiap orang bebas menempelkan pendapatnya untuk di baca oleh orang lain yang tergabungdala kelompok tersebut dan sebagai sarana yang mungkin digunakan dapat berupa media multimedia (audio visual)dengan menggunakan fasilitas video conferencing,ataupun teks saja,atau teks dan audio dengan menggunakan fasilitas chat (IRC).

10.  VoIP (Voice over Internet Protocol)
VoIP merupakan layanan untuk menelpon melalui internet secara hemat karena hanya menggunakan pulsa telepon lokal .

2 comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Berita Terkini dari Detik.COM

Sample Text

Buat kamu anak-anak PGRI Buayan yang suka berbagi artikel, foto, gambar, video, atau hasil kreasi apa saja boleh dikirim file-nya ke tikinternet@yahoo.com, asalkan identitasnya jelas (nama asli, kelas, Alamat), file akan aku upload segera di blog ini.... Thanks.

Designed by