Tuesday, December 13, 2011

Mengamankan Networking dari Ancaman Hacker dan Cracker


Usaha untuk menjaga keamanan data-data yang sudah disimpan pada jaringan komputer dikembangkan beberapa teknik pengamanan data yang ada saat ini, diantaranya adalah:


1.  Internet Firewall
Jaringan komputer yang terhubung ke internet membutuhkan firewall. Internet Firewall berfungsi untuk mencegah akses dari pihak luar suatu jaringan. Firewall bekerja dengan dua cara, yaitu dengan Filter dan Proxy. Firewall Filter menyaring komunikasi agar terjadinya seperlunya saja. Hanya aplikasi tertentu saja yang bisa lewat dan hanya komputer dengan identitas tertentu saja yang bisa berhubungan. Firewall Proxy mengizinkan pemakai dari dalam untuk mengakses internet seluas-luasnya, namun dari luar internet hanya dapat mengakses satu komputer tertentu saja.


2.  Kliptografi
Kliptografi adalah seni menyandikan data. Data yang akan dikirim disandikan terlebih dahulu sebelum dikirim melalui internet. Di komputer tujuan, data tersebut dikembalikan ke bentuk aslinya, sehingga dapat dibaca dan dimengerti oleh penerima. 
Data yang disandikan dimaksudkan agar pihak-pihak yang menyadap pengriman data tidak dapat mengerti isi data yang dikirim tersebut karena masih berupa kata sandi. Dengan demikian, keamanan data dapat dijaga. Dalam proses Kliptografi ada dua proses yaitu Enkirpsi dan Deskripsi. Enkripsi adalah proses mengubah data menjadi data sandi, sedangkan Deskripsi adalah proses mengembalikan data sandi menjadi data aslinya. Data yang asli atau yang akan disandikan disebut "plain teks" sedangkan data hasil penyandian disebut "ciper teks". Proses enkripsi terjadi pada komputer pengirim, sedangkan proses deskripsi terjadi pada komputer penerima.


3.  Secure Socket Layer (SSL)
Jalur pengiriman data lewat internet melalui banyak transisi dan dikuasai oleh banyak orang, sehingga data yang dikirim melalui internet rawan oleh penyadapan. Oleh karena itu browser perlu dilengkapi dengan Secure Socket Layer (SSL) yang berfungsi untuk menyandikan data. Dengan demikian, komputer-komputer yang berada di antara komputer pengirim dan penerima data tidak dapat lagi membaca isi data.


0 comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Berita Terkini dari Detik.COM

Sample Text

Buat kamu anak-anak PGRI Buayan yang suka berbagi artikel, foto, gambar, video, atau hasil kreasi apa saja boleh dikirim file-nya ke tikinternet@yahoo.com, asalkan identitasnya jelas (nama asli, kelas, Alamat), file akan aku upload segera di blog ini.... Thanks.

Designed by