Wednesday, December 14, 2011

Apa itu Internet Service Provider (ISP) ?

Agar komputer kita bisa terhubung ke internet, maka peru beberapa perangkat pendukung. Internet adalah jaringan yang cakupannya tanpa batas yang terdiri dari banyak jaringan komputer yang saling terhubung. Terbentuknya jaringan internet tentu membutuhkan infrastruktur yang memadai dan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu kemudian banyak perusahaan-perusahaan yang menginvestasikan dananya untuk membangun infrastruktur jaringan internet, perusahaan tersebut kemudian menjual jasa layanannya ke perusahaan lain, atau masyarakat.


Internet Service Provider (ISP) adalah perusahaan-perusahaan penyedia jasa layanan internet. Jika komputer kita ingin terhubung ke Internet, maka terlebih dahulu kita harus menghubungkan komputer kita ke salah satu ISP. ISP yang kemudian menghubungkan komputer kita ke Internet, sehingga kita dikenakan biaya untuk membayar jasa mereka. 

Saat ini telah banyak perusahaan jasa layanan internet (ISP) yang ada di Indonesia. Perusahaan-perusahaan tersebut tergabung dalam Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Jumlah perusahaan ISP terus bertambah seiring dengan peningkatan pengguna internet di Indonesia. Bahkan saat ini telah tersedia berbagai pilihan untuk koneksi ke internet. 

Beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan ketika hendak memilih Jasa Layanan Internet adalah:
1. Kecepatan Transfer Data
2. Bandwith
3. Memiliki Server Proxy
4. Memiliki Backbone
5. Keamanan Data
6. Layanan yang diberikan
7. Biaya
8. Hardware
9. Teknologi yang digunakan

0 comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Berita Terkini dari Detik.COM

Sample Text

Buat kamu anak-anak PGRI Buayan yang suka berbagi artikel, foto, gambar, video, atau hasil kreasi apa saja boleh dikirim file-nya ke tikinternet@yahoo.com, asalkan identitasnya jelas (nama asli, kelas, Alamat), file akan aku upload segera di blog ini.... Thanks.

Designed by