Wednesday, December 14, 2011

Perangkat Keras untuk Mengakses Internet

Kemajuan teknologi informasi memungkinkan kita mengakses internet dengan menggunakan berbagai pilihan teknologi mengakses internet dengan berbagai cara. Karenanya perangkat keras yang dibutuhkan berbeda-beda. Beberapa perangkat yang dibutuhkan untuk mengakses internet sangat tergantung dengan jenis koneksi internet yang digunakan. Berikut adalah beberapa jenis koneksi internet beserta perangkatnya.


1.  Melalui Koneksi Dial-Up
Koneksi Dial-Up adalah jenis koneksi internet yang menggunakan saluran telepon rumah. Perangkat yang diperlukan untuk koneksi ini adalah saluran telepon dan Modem. Saluran telepon digunakan untuk menghubungkan komputer kita dengan ISP yang digunakan. Selanjutnya ISP tersebut meneruskan koneksi ke internet. Modem diperlukan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal listrik) agar dapat dikirimkan melalui saluran telepon, dan juga sebaliknya. 


2.  Melalui Teknologi ADSL
ADSL atau Asymmetrical Digital Subscriber Line adalah teknologi yang mengirimkan sinyal-sinyal melalui kabel tembaga pada frekuensi yang berbeda dengan frekuensi yang digunakan untuk layanan telepon. Hal ini memungkinkan ADSL dapat dikirimkan melalui jalur telepon biasa tanpa mengganggu pelayanan telepon.


3.  Melalui Jaringan LAN
Salah satu cara untuk terhubung ke internet adalah dengan menghubungkan komputer kita ke jaringan komputer yang terhubung ke internet. Cara ini banyak digunakan di perusahaan, kampus, maupun warnet. Sebuah komputer dijadikan server untuk terhubung ke internet, sedangkan komputer lain di jaringan tersebut dihubungkan ke server.  Mula-mula yang dihubungkan ke internet adalah server, sementara yang lain akan terhubung ke internet setelah dihubungkan ke server.


4.  Melalui Jaringan GPRS
GPRS atau General Packet Radio Services merupakan teknologi pengiriman data dalam bentuk paket-paket menggunakan gelombang radio. GPRS merupakan perkembangan dari teknologi GSM, GPRS memungkinkan pengiriman paket data sampai pada kecepatan 115 Kbps. Jika kita ingin menggunakan GPRS, maka kita membutuhkan sebuah handphone yang sudah mendukung teknologi GPRS dan sebuah SIM Card dari operator seluler tertentu yang menyediakan layanan GPRS. Layanan GPRS tersebut perlu diaktifkan terlebih dahulu jika kita ingin terhubung ke ke internet.


5.  Melalui Jaringan WiFi
Wifi kependekan dari Wireless Fidelity. WiFi lebih dikenal sebagai jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Frekuensi yang digunakan oleh WiFi berada pada spektrum 2,4 GHz. Laptop, Netbook, PDA dan Hanphone yang sudah dilengkapi dengan WiFi (WiFi Card) dapat digunakan untuk koneksi ke internet. WiFi dapat bekerja jika perangkat laptop, netbook, PDA atau Hp kita berada pada area yang terjangkau oleh sinyal WiFi.


6.  Menggunakan Jaringan TV Kabel
Penggunaan TV Kabel sebagai alternatif cara untuk terhubung ke internet telah banyak digunakan, terutama pada kota-kota besar yang terjangkau jaringan TV Kabel. Jika kita akan mengakses internet melalui jaringan TV Kabel ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Berlangganan dengan penyedia layanan TV Kabel yang dilengkapi dengan layanan internet
  2. Perangkat komputer standar yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi dan browser yang mendukung untuk internet.
  3. Cable Modem dengan DOCSIS system, modem yang dirancang khusus untuk jaringan TV Kabel.
  4. Ethernet Card.

0 comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Berita Terkini dari Detik.COM

Sample Text

Buat kamu anak-anak PGRI Buayan yang suka berbagi artikel, foto, gambar, video, atau hasil kreasi apa saja boleh dikirim file-nya ke tikinternet@yahoo.com, asalkan identitasnya jelas (nama asli, kelas, Alamat), file akan aku upload segera di blog ini.... Thanks.

Designed by